top of page

Cara Memilih Kampus Idaman Di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 telah menyebar hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia dan memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, terutama di dunia pendidikan. Epidemi Covid-19 ini mengubah model pengajaran dan pembelajaran yang saat ini dihadapi berhadapan muka dengan jarak jauh melalui online.





Untuk generasi milenial yang baru saja lulus dari sekolah menengah dan mencari kampus, tentu saja, harus mempertimbangkan beberapa hal sehingga proses konferensi dibuka dengan baik. Lalu apa tips untuk memilih kampus yang tepat untuk siswa potensial baru? Berikut adalah beberapa tips tentang memilih versi yang baik dari kampus Y.A.I.


Pertama, Akreditasi. Ini harus menjadi pertimbangan utama bagi siswa untuk memilih kampus. Untuk melacak kampus terakreditasi, Anda dapat mengunjungi situs web PTP PT (Badan Akreditasi Nasional Nasional). Akreditasi BAN-PT untuk semua program institusional dan akreditasi penting sebagai jaminan kualitas kampus dan merupakan persyaratan ketika mendalilkan untuk pekerjaan pegawai negeri dan karyawan swasta.


Kedua, fasilitas kampus dan lingkungan, pastikan kampus Anda memiliki fasilitas yang cukup seperti laboratorium, auditorium, perpustakaan atau tempat parkir. Fasilitas publik di sekitar kampus seperti stasiun kereta terdekat atau bahkan halte bus juga dapat digunakan sebagai pertimbangan.


Ketiga, program beasiswa Anda harus tahu jika kampus Anda menawarkan beasiswa untuk siswa baru atau ketika Anda belajar nanti. Beasiswa dalam bentuk beasiswa akademik, beasiswa non-akademik dan studi alumni.


Keempat, kurikulum kampus yang baik tentu memiliki kurikulum yang beragam seperti manajemen, komunikasi, teknik, psikologi, akuntansi atau kelas internasional. Pastikan program studi dipilih berdasarkan minat, bakat, dan gairah Anda untuk mendukung cita-cita Anda ketika mereka memasuki dunia kerja.


Kelima, Lokasi kampus strategis akan mendukung kebutuhan dan kenyamanan siswa, terutama selama konferensi. Jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta, Anda harus memilih kampus di pusat kota.


Keenam, Aktivitas kampus Anda juga akan menjadi referensi saat bekerja, Anda tahu. Akibatnya, pastikan kampus impian Anda memiliki berbagai kegiatan mahasiswa seperti organisasi siswa, kegiatan olahraga atau seni.



Ketujuh, Program Kursus akan sangat berguna, terutama bagi Anda yang belajar dengan bekerja. Nah, kampus yang baik tentu juga memiliki banyak program kursus konferensi yang fleksibel dalam hal perguruan tinggi. Di tengah pandemi ini, pastikan untuk bergabung dengan kampus yang sudah memiliki sistem teknologi informasi yang memenuhi syarat sehingga dapat mendukung proses pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online.


Kedelapan, Program Pembayaran Kuliah. Anda juga harus secara aktif memeriksa di kampus ideal Anda, bahwa kampus memiliki kemudahan pembayaran uang sekolah dengan sistem pembayaran atau pembayaran biaya kuliah setiap bulan.


Kesembilan, Pelatihan dan Ketenagakerjaan. Kampus yang baik biasanya bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk memfasilitasi tugas siswa. Nah, pasar tenaga kerja kampus juga harus diperhatikan bahwa Anda mengalami magang atau Anda dapat segera menemukan pekerjaan selama gelar sarjana Anda.


Ini adalah delapan tips yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih kampus yang tepat. Anda harus menjaga pikiran dan motivasi untuk belajar bahkan jika di tengah pandemi.

bottom of page